Bagaimana cara memperbaiki PC Blue Screen

Jika kalian pernah mengalami kejadian dimana komputer mati tiba tiba atau tiba tiba saja monitor berubah menjadi biru. itu yang di sebut blue screen atau layar biru. apasih penyebab koq bisa blue screen?
salah satu penyebab monitor blue screen adalah RAM. Selain ram berfungsi untuk meyimpan , ram ini pun bisa berfungsi untuk visual. Karena jika ram nya ga ada atau tidak dipasang di sebuah motherboard. Sampai kapan pun komputer tidak akan nyala. Kebanyakan rata rata penyebabnya blue screen di komputer adalah kurangnya menjaga dan merawat kebersihan komputernya sendiri. Selain kurang menjaga kebersihan terhadap komputernya senidiri mungkin  juga ram sudah rusak atau sudah terlalu lama di gunakan.









Apa Penyebab Blue Screen of Death Pada Windows??

Penyebab Blue Screen of Deat (BSOD) biasanya disebabkan adanya masalah dengan hardware atau software driver pada komputer kamu. Software biasa tidak akan menyebabkan komputer kamu mengalami masalah seperti ini. Penyebab Blue Screen disebabkan oleh masalah hardware atau software dengan tingkat rendah yang berjalan di kernel Windows. Blue Screen terjadi ketika Windows bertemu dengan Error STOP sehingga terjadi kegagalan kritis yang menyebabkan Windows crash dan berhenti bekerja. Satu-satunya yang dapat dilakukan Windows disaat seperti ini hanyalah restart.
Jika kamu sedang mengetik atau mengerjakan tugas lain yang sangat penting dan Blue Screen terjadi maka kamu akan kehilangan data. Kamu tidak memiliki kesempatan untuk menyimpan data karena Blue Screen tiba-tiba akan terjadi dengan cepat dan membuat komputer kamu restart.
Ketika Blue Screen terjadi, Windows secara otomatis akan membuat Minidump yang menampilkan informasi tentang crash yang terjadi dan menyimpannya di dalam hardisk kamu. Dengan menggunakan minidump, kamu dapat memperbaiki penyebab terjadinya Blue Screen.
Cara memperbaiki ram dan cara mengatasinya?
Nah kali ini saya akan membagikan artikel mengenai cara memperbaiki ram di komputer.

Cara memperbaiki Blue screen di komputer

Langkah pertama
Jika komputer blue screen , pertama yang harus di lakukan adalah bersihkan bagian dalam salah satunya ram. Karena ram adalah bagian terpenting agar komputer bisa hidup kembali. Bersihkan ram dengan cara membersihkannya dengan menggunakan penghapus, Lepas ram dari mother board lalu bersihkan dengan menggunakan penghapus pada bagian bawah atau bagian keping emas ram. Gosokkan keping emas ram dengan menggunakan penghapus. Jangan  terlalu kencang dalam melakukannya, karena , bisa terlepas bagian keping emasnya. Jika bagian tersebut lepas ram sudah tidak bisa digunakan kembali. Maka dari itu, gosokka secara perlahan yang terpenting rata dalam melakuakannya.

Langkah kedua
Jika sudah dibersihkan , masih tetap saja tidak nyala , coba saja bersihkan Bagian VGA nya . Bersihkan bagian vga dengan penghapus pada bagian keping emas nya juga, Sama seperti membersihkan ram , Jika sudah dibersihkan, masih saja tidak ada perubahan atau tidak nyala, langkah selanjutnya di bawah ini

Langkah ketiga
Apabila langkah pertama dan kedua sudah dilakukan, saatnya ini cara satu satunya yang terakhir, pertama , pasangkan kembali ram dan VGA di motherboard , lalu nyalakan kembali komputer tunggu beberapa saat jika belum nya, Cek pada bagian keyboard , dengan cara pencet bagian numlock dua kali di keyboard . Apabila bagian lampu di keyboar kedip saat di pencet bagian numlock nya  berarti tidak ada yang salah pada bagian ram tersebut. Mungkin saja karena VGA nya, Jika numlock di pencet dua kali tidak kedip pada bagian lampu keyboard , berarti ram nya bermasalah , coba saja ganti ram nya denagn yang baru


Jika langkah diatas sudah kalian lakukan tetap saja belum ada perubahan , sebaiknya pergi ke toko komputer untuk di diagnosa penyebab komputer kalian blue scrren , Nanti disana pun kalian di beri tahu penyebab nya . Jadi kalian jangan khwatir , data kalian akan tetap aman . Karena data di simpan di hardisk , Jika sudah diperbaiki di toko komputer , jaga dan rawat kebersihan komputer.



Berbagai Cara Mengatasi Blue Screen Pada Windows

Cara diatas adalah salah satu cara mengatasi Blue Screen yang terjadi pada Windows 7, berikut ini ada beberapa cara lain untuk mengatasi Blue Screen.
System Restore Jika Blue Screen baru saja terjadi pada komputer kamu maka sebaiknya kamu menggunakan System Restore untuk mengatasinya. Ini akan membuat komputer kamu kembali ke keadaan sebelumnya. Kalau system restore ini berhasil maka kemungkinan Blue Screen terjadi karena kesalahan software.
Scan Malware Malware yang menembus jauh ke dalam Windows apalagi jika sampai di kernel Windows sebuah tingkat dimana hal paling rendah di Windows dapat menyebabkan tidak stabilnya sistem. Solusi untuk mengatasi ini dengan melakukan scan antivirus terhadap malware.
Install Update Driver Sebuah driver yang salah install atau tidak diupdate dapat menyebabkan crash. Download driver terbaru dari perusahaan hardware komputer kamu, mungkin ini akan memperbaiki masalah BSOD. 
Bagaimana cara memperbaiki PC Blue Screen Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown