Mengenal Apa Itu Seo?

Mengenal apa itu Seo? Seo adalah singkatan dari Search engine Optimization, yaitu optimasi mesin pencari yang biasanya banyak di libatkan dalam artikel postingan blog atau situs dengan tujuan agar halaman postingan akan muncuk di pencarian google.





Tujuan utama Seo
 adalah meingkatkan interaksi pengunjung terhadap blog atau halaman situs milik kita yang mereka temukan dari hasil mesin pencari di halaman google. Pada saat mesin pencari menempatkan blog yang kita miliki di 10 besar pertama, Maka blog kalian akan berpeluang besar untuk di kunjungi oleh pengunjung


SEO ON PAGE
Merupakan Optimisasi SEO yang dilakukan dari dalam website. Ada berbagai cara dapat dilakukan untuk Optimisasi SEO Onpage, yaitu:

1.      URL Domain : sebelum membuat sebuah website penting untuk menganalisa terlebih dahulu website yang akan dibangun. Kemudian tujuan website harus sudah jelas arahnya sesuai dengan URL Domain yang telah ditetapkan. Karena dasar utama agar website terus meningkat kinerjanya dimulai dari pemilihan URL Domain. Bila berhubungan dengan peningkatan Keyword, perlu memperhitungkan URL Domain yang sesuai dengan kata kunci yang ditargetkan. Jika URL Website sudah sesuai dengan target keyword, maka kita sudah siap untuk berkompetisi dengan lebih mudah pada keyword tersebut. Hindari untuk menggunakan domain dengan tanda Hyphens(-) dan hindari penggunaan angka di dalam URL Domain. Salah satu contoh website ini memiliki URL Domain www.seogereggi.com, maka secara tidak langsung saya sudah ikut berkompetisi dalam membangun atau meningkatkan keyword: SEO GereggiSEO, dan Gereggi.

2.      Template: kita harus membangun atau memilih template SEO Friendly untuk blog atau website. Sekarang ini sudah      banyak template premium gratis yang memiliki struktur SEO Friendly. Namun bila ingin membangun sendiri template yang SEO Friendly, pastikan mengetahui elemen-elemen yang berdampak untuk menjadikan website kita masuk dalam kategori SEO Friendly.

3.      Tag Judul : merupakan elemen penting untuk mendefinisikan isi posting. Tag Judul sering digunakan oleh Search Engine Google untuk ditampilkan pada halaman hasil pencaharian. Sebaiknya Tag Judul memiliki panjang 50-60 karakter. Bila memiliki banyak Tag Judul dibawah 55 karakter, maka setidaknya 95% dari judul artikel akan di tampilkan dengan benar di halaman hasil pencaharian. Salah satu hal yang penting adalah biasakan untuk memasukkan kata kunci yang relevan di Tag Judul. Berikut ini referensi pembelajaran Tag 

4.      Meta Tag : elemen ini terdiri dari Meta Description, Meta Keyword, dan Meta Content lainnya yang membantu website kita lebih cepat terindex Search Engine. Meta Tag akan memberikan informasi penting mengenai halaman website kita kepada Google Crawler. Meta Tag ini tidak ditampilkan secara keseluruhan pada halaman muka website, namun akan bekerja pada mesin pencaharian Google.

5.      Format H1 - H3 : Search Engine akan membaca halaman website secara keseluruhan dimulai dari kiri atas sampai kanan bawah. Maka dari itu penting untuk menempatkan Tag H1 pada kalimat pertama pada konten website. H1 umumnya ditempatkan pada Tag Judul artikel. selain H1 penting juga untuk menempatkan H2 dan H3 pada konten yang berada pada halaman tersebut. Seperti contoh website ini menempatkan H1 pada Tag Judul dan H2 pada Tag Judul Widget, atau pada Subheading.

6.      Internal Link : memiliki fungsi yang baik bila diterapkan di dalam setiap artikel atau di struktur menu website kita. Kenapa Internal Link begitu penting? dikarenakan tujuan utama Internal Linking adalah untuk membantu Search Engine menjelajahi seluruh halaman artikel dan membaca seluruh struktur blog kita. Struktur rapih membuat semua artikel kita akan terindeks dengan baik di Search Engine. Salah satu contohnya adalah memiliki menu website rapih dan menuju pada artikel terkait dengan relevan dan tidak berlebihan. Umumnya sebuah artikel baiknya memiliki 1 Internal Link terhadap artikel terkait. Hal tersebut juga dapat membantu para pembaca atau user yang mengakses website dan menemukan artikel yang user butuhkan. User akan betah berlama-lama mengakses artikel yang lainnya. Untuk SEO sendiri artikel yang memiliki Internal Link ke artikel lainnya memiliki nilai kata kunci yang secara tidak langsung membantu meningkatkan presentasi kata kunci artikel.

7.      Image ALT Text : bukan hanya text di dalam artikel yang bisa SEO Friendly, setiap gambar pada artikel dapat kita lakukan SEO Friendly agar dapat terindex di Search Engine dengan mudah. Hal tersebut membantu website kita mendapatkan Traffic lebih dan bermanfaat memberikan kepercayaan pada user bahwa website kita nyaman untuk diakses dikarenakan memiliki gambar-gambar yang user inginkan. Pertama sebelum meng-upload gambar pastikan nama untuk gambar merupakan keterangan singkat untuk menjabarkan gambar tersebut. Contohnya (gambar logo website ini) memiliki nama gambar "Seo-Gereggi-logo.png".  Kedua menambahkan ALT Text pada setiap gambar yang kita tampilkan di artikel. Keterangan yang kita berikan pada setiap gambar akan mempermudah Search Engine mengetahui gambar apa yang kita tampilkan di dalam artikel. Baiknya keterangan pada gambar memiliki panjang dari 5-15 kata. Bila keterangan terlalu panjang akan mempersulit Search Engine untuk mendefinisikan gambar tersebut. Untuk SEO kita dapat memasukan kata kunci pada gambar, namun kata-kata tersebut harus tetap relevan untuk mengartikan gambar.

 

Yang Harus Dihindari Saat Melakukan SEO On-Page

Saat melakukan optimisasi di-halaman, sikap yang diambil haruslah proporsional dan profesional, tidak berlebih-lebihan. Karena kalau tidak, maka boro-boro Anda mendapat nilai yang positif dari aktifitas SEO on-page Anda, malahan situs atau halaman web Anda itu bisa-bisa mendapatkan filtering (peringkat melorot), diganjar penalty (tidak ditampilkan di mesin pencarian untuk sementara sampai Anda meminta kepada Google untuk mengembalikannya di hasil pencarian), atau bahkan di-banned (situs dilarang atau dibuang dari indeks mesin pencari kalau terus menerus ketahuan Google melakukan pelanggaran optimisasi di-halaman). Aktifitas yang berlebihan atau melampaui batas ini, biasanya karena para SEO melakukan optimisasi hanya untuk mesin pencari (yang acapkali melanggar ketentuan dan aturan Google), bukan pengunjung internet . Praktek optimisasi di-halaman yang terlarang ini dinamakan praktek black hat (topi hitam).
Contoh Aktifitas Black Hat Pada SEO On-Page:
  • Penggunaan kata kunci yang berlebihan di elemen-elemen situs atau halaman web (keyword stuffing)
  • Menggunakan warna huruf yang sama dengan warna background halaman web (hidden texts)
  • Membuat isi halaman web dengan alat bantu secara otomatis (auto generated content atau AGC),
  • misalnya: menduplikasi artikel dengan alat bantu perangkat lunak tanpa mengecek kualitasnya lagi artikel-artikel yang baru (content spinning)
  •  membuat halaman web dengan mengambil potongan-potongan teks atau gambar dari situs-situs lain bukan miliknya (content stealing) lalu menggabungkannya menjadi halaman web miliknya (content scrapping)
  • Membuat halaman yang berbeda untuk mesin pencari dan pengunjung (cloaking)
  • Mengganti isi halaman secara keseluruhan setelah halaman tersebut mendapat ranking di SERP (swapping)
  • Membuat sebuah halaman-halaman khusus untuk menarik perhatian mesin pencari, namun mengarahkan pengunjung manusia ke halaman yang lain (doorway pages)
  • Teknik-teknik black hat SEO on-page lain yang dilarang Google (lihat

Mengenal Apa Itu Seo? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown