Mengenal apa itu Seo? Seo
adalah singkatan dari Search engine Optimization, yaitu optimasi mesin pencari
yang biasanya banyak di libatkan dalam artikel postingan blog atau situs dengan
tujuan agar halaman postingan akan muncuk di pencarian google.
Tujuan utama Seo
adalah meingkatkan interaksi pengunjung terhadap blog atau
halaman situs milik kita yang mereka temukan dari hasil mesin pencari di
halaman google. Pada saat mesin pencari menempatkan blog yang kita miliki di 10
besar pertama, Maka blog kalian akan berpeluang besar untuk di kunjungi oleh
pengunjung
SEO
ON PAGE
Merupakan Optimisasi SEO
yang dilakukan dari dalam website. Ada berbagai cara dapat dilakukan untuk
Optimisasi SEO Onpage, yaitu:
1.URL Domain : sebelum
membuat sebuah website penting untuk menganalisa terlebih dahulu website yang
akan dibangun. Kemudian tujuan website harus sudah jelas arahnya sesuai dengan
URL Domain yang telah ditetapkan. Karena dasar utama agar website terus
meningkat kinerjanya dimulai dari pemilihan URL Domain. Bila berhubungan dengan
peningkatan Keyword, perlu memperhitungkan URL Domain yang sesuai dengan kata
kunci yang ditargetkan. Jika URL Website sudah sesuai dengan target keyword,
maka kita sudah siap untuk berkompetisi dengan lebih mudah pada keyword
tersebut. Hindari untuk menggunakan domain dengan tanda Hyphens(-) dan hindari
penggunaan angka di dalam URL Domain. Salah satu contoh website ini memiliki
URL Domain www.seogereggi.com, maka secara tidak langsung saya sudah
ikut berkompetisi dalam membangun atau meningkatkan keyword: SEO Gereggi, SEO,
dan Gereggi.
2.Template: kita harus
membangun atau memilih template SEO Friendly untuk blog atau website. Sekarang
ini sudahbanyak template premium gratis yang
memiliki struktur SEO Friendly. Namun bila ingin membangun sendiri template
yang SEO Friendly, pastikan mengetahui elemen-elemen yang berdampak untuk
menjadikan website kita masuk dalam kategori SEO Friendly.
3.Tag Judul : merupakan
elemen penting untuk mendefinisikan isi posting. Tag Judul sering digunakan
oleh Search Engine Google untuk ditampilkan pada halaman hasil pencaharian.
Sebaiknya Tag Judul memiliki panjang 50-60 karakter. Bila memiliki banyak
Tag Judul dibawah 55 karakter, maka setidaknya 95% dari judul artikel akan di
tampilkan dengan benar di halaman hasil pencaharian. Salah satu hal yang
penting adalah biasakan untuk memasukkan kata kunci yang relevan di Tag Judul.
Berikut ini referensi pembelajaran Tag
4.Meta Tag : elemen ini
terdiri dari Meta Description, Meta Keyword, dan Meta Content lainnya yang
membantu website kita lebih cepat terindex Search Engine. Meta Tag akan
memberikan informasi penting mengenai halaman website kita kepada Google
Crawler. Meta Tag ini tidak ditampilkan secara keseluruhan pada halaman muka
website, namun akan bekerja pada mesin pencaharian Google.
5.Format H1 - H3 :
Search Engine akan membaca halaman website secara keseluruhan dimulai dari kiri
atas sampai kanan bawah. Maka dari itu penting untuk menempatkan Tag H1 pada
kalimat pertama pada konten website. H1 umumnya ditempatkan pada Tag Judul
artikel. selain H1 penting juga untuk menempatkan H2 dan H3 pada konten yang
berada pada halaman tersebut. Seperti contoh website ini menempatkan H1 pada
Tag Judul dan H2 pada Tag Judul Widget, atau pada Subheading.
6.Internal Link :
memiliki fungsi yang baik bila diterapkan di dalam setiap artikel atau di
struktur menu website kita. Kenapa Internal Link begitu
penting? dikarenakan tujuan utama Internal Linking adalah untuk
membantu Search Engine menjelajahi seluruh halaman artikel dan membaca seluruh
struktur blog kita. Struktur rapih membuat semua artikel kita akan terindeks
dengan baik di Search Engine. Salah satu contohnya adalah memiliki menu website
rapih dan menuju pada artikel terkait dengan relevan dan tidak berlebihan.
Umumnya sebuah artikel baiknya memiliki 1 Internal Link terhadap artikel
terkait. Hal tersebut juga dapat membantu para pembaca atau user yang mengakses
website dan menemukan artikel yang user butuhkan. User akan betah berlama-lama
mengakses artikel yang lainnya. Untuk SEO sendiri artikel yang memiliki
Internal Link ke artikel lainnya memiliki nilai kata kunci yang secara tidak
langsung membantu meningkatkan presentasi kata kunci artikel.
7.Image ALT Text :
bukan hanya text di dalam artikel yang bisa SEO Friendly, setiap gambar pada
artikel dapat kita lakukan SEO Friendly agar dapat terindex di Search Engine
dengan mudah. Hal tersebut membantu website kita mendapatkan Traffic lebih dan
bermanfaat memberikan kepercayaan pada user bahwa website kita nyaman untuk
diakses dikarenakan memiliki gambar-gambar yang user inginkan. Pertama sebelum
meng-upload gambar pastikan nama untuk gambar merupakan keterangan singkat
untuk menjabarkan gambar tersebut. Contohnya (gambar logo website ini) memiliki
nama gambar "Seo-Gereggi-logo.png". Kedua menambahkan ALT Text
pada setiap gambar yang kita tampilkan di artikel. Keterangan yang kita berikan
pada setiap gambar akan mempermudah Search Engine mengetahui gambar apa yang
kita tampilkan di dalam artikel. Baiknya keterangan pada gambar memiliki
panjang dari 5-15 kata. Bila keterangan terlalu panjang akan mempersulit Search
Engine untuk mendefinisikan gambar tersebut. Untuk SEO kita dapat memasukan kata
kunci pada gambar, namun kata-kata tersebut harus tetap relevan untuk
mengartikan gambar.
Yang
Harus Dihindari Saat Melakukan SEO On-Page
Saat melakukan optimisasi di-halaman, sikap yang diambil
haruslah proporsional dan profesional, tidak berlebih-lebihan. Karena kalau
tidak, maka boro-boro Anda mendapat nilai yang positif dari aktifitas SEO
on-page Anda, malahan situs atau halaman web Anda itu bisa-bisa mendapatkan filtering (peringkat melorot),
diganjar penalty (tidak
ditampilkan di mesin pencarian untuk sementara sampai Anda meminta kepada
Google untuk mengembalikannya di hasil pencarian), atau bahkan di-banned (situs dilarang atau
dibuang dari indeks mesin pencari kalau terus menerus ketahuan Google melakukan
pelanggaran optimisasi di-halaman). Aktifitas yang berlebihan atau melampaui
batas ini, biasanya karena para SEO melakukan optimisasi hanya untuk mesin
pencari (yang acapkali melanggar ketentuan dan aturan Google), bukan pengunjung
internet . Praktek optimisasi di-halaman yang terlarang ini dinamakan praktek
black hat (topi hitam).
Contoh Aktifitas
Black Hat Pada SEO On-Page:
Penggunaan
kata kunci yang berlebihan di elemen-elemen situs atau halaman web (keyword stuffing)
Menggunakan
warna huruf yang sama dengan warna background halaman web (hidden texts)
Membuat isi
halaman web dengan alat bantu secara otomatis (auto
generated content atau AGC),
misalnya: menduplikasi
artikel dengan alat bantu perangkat lunak tanpa mengecek kualitasnya lagi
artikel-artikel yang baru (content spinning)
membuat
halaman web dengan mengambil potongan-potongan teks atau gambar dari
situs-situs lain bukan miliknya (content stealing) lalu
menggabungkannya menjadi halaman web miliknya (content scrapping)
Membuat
halaman yang berbeda untuk mesin pencari dan pengunjung (cloaking)
Mengganti isi
halaman secara keseluruhan setelah halaman tersebut mendapat ranking di
SERP (swapping)
Membuat
sebuah halaman-halaman khusus untuk menarik perhatian mesin pencari, namun
mengarahkan pengunjung manusia ke halaman yang lain (doorway pages)
Teknik-teknik
black hat SEO on-page lain yang dilarang Google (lihat
Mengenal Apa Itu Seo?
Rating: 4.5
Diposkan Oleh: Unknown